Kamis, 25 April 2013

Suka Duka Jadi Jurnalis Sebulan (I think I decided to continue)

Gara-gara keasikan ngedandanin blog tepok bulu gue, jadi lupa mulu mau nulis blog. Yang penasaran, suka, minta, cinta sama bulu tangkis Indonesia dan dunia, mampir-mampir ya ke blog gue :3 bannernya atlet-atlet super kece loooo, ahahahaha :D

Yak, gue mau cerita lagi ah soal kerjaan. Mumpung banyak yang lagi mau gue ceritain, hohoho. Kayaknya postingan gue sebelumnya menggambarkan dilema yang gue rasakan. Sekarang, alhamdulillah gue gak galau-galau amat, udah lumayan tenang. Bentar lagi hampir sebulan gue kerja sebagai jurnalis megapolitan amatir. Karena gue masih freelancer, gaji gue ditransfer setiap dua minggu. Lumayan lah itu gaji dua minggu pertama udah masuk ke rekening dan jadi salah satu alasan gue gak galau lagi. Ahahahaha. MONEY RULES, BABE!

Sebelumnya, gue juga bilang kalo gue pengen berhenti dari kerjaan gue sekarang dan nyari tempat dimana gue bisa langsung jadi jurnalis olahraga. Sekarang, jalan gue kedepan udah mulai terang. Rasanya gue mau tetep disini sambil belajar sebelum gue beneran bisa jadi jurnalis olahraga. Ada beberapa alasan yang bikin gue akhirnya ngambil keputusan ini. Salah satunya temen gue yang pernah gue ceritain sebelumnya. Gue sempet cerita ke dia kalo sebenernya gue pengen berhenti dari tempat gue sekarang. And guess what she said?

"Kerjaan ini emang urusannya passion sih," katanya.

Dan gue speechless. Dia bener banget. Waktu pertama akhirnya gue mutusin untuk ngambil kerjaan ini meskipun gaji awalnya gak seberapa dibanding gaji penerjemah ya karena gue pengen jadi jurnalis dan gue pengen nulis. Emang sih tujuan gue jadi jurnalis tepok bulu. Tapi kan emang gak segampang itu gue bisa langsung mewujudkan cita-cita gue itu. Lagian, dunia jurnalistik itu luas, dan tiap bidang punya kesulitan masing-masing. Temen gue yang satu ini bilang di media tempat dia kerja, sistemnya rolling. Jadi satu orang bisa ngerasain semua bidang. Dia sendiri, cukup suka dirolling karena dia jadi tau hal-hal yang baru. Sekarang, dirolling jadi wartawan polda pun sebenernya bukan passionnya dia. Tapi, dia ngejalaninnya tetep enjoy dan gak mau ngurangin produktifitasnya nulis berita meskipun di Polda kadang kering berita.

Ada lagi temen gue yang lain yang tujuannya mau jadi jurnalis food & travel. Enak katanya, jalan-jalan dan makan sambil ngeliput. Gue juga pengen tuh. Ahahaha. Tapi berhubung soal makanan gue pemilih banget, agaknya gue gak bisa ke bidang itu. Rebet dong nanti kalo gue harus jalan ke suatu tempat dan ngeliput makanan khas daerah itu dan kebetulan gue gak bisa makan makanannya.

Gue emang bilang sama beberapa temen kalo gue pengennya jadi jurnalis olahraga, bulu tangkis khususnya. Dan rata-rata temen-temen gue itu heran sama keinginan gue. Katanya, jarang banget ada cewek yang mau jadi jurnalis olahraga. Rata-rata ya ke fashion, ekonomi ato travel kayak temen gue tadi. Udah gitu, temen gue yang mau jadi food & travel journalist ini bilang kalo jurnalis olahraga itu susah. Udah pasti karena aturan tiap olahraga beda dan si jurnalis minimal harus ngerti aturan dari olahraga yang beritanya dia garap. Eya seh..... Tapi rasanya gue gak keberatan belajar lagi tentang aturan olehraga yang gue belun tau. Toh dasarnya emang gue suka nonton olahraga apapun itu. Cuma sepak bola doang yang gue gak terlalu tertarik. Tapi seenggaknya bisalah gue belajar soal sepak bola :)

Temen gue ini, punya kontrak 1 tahun di medianya, dan dia baru jalan 6 bulan. Dia aja mau 1 tahun cari pengalaman di media yang bahkan belun ada channel food & travel. Masa gue baru 1 bulan mau berhenti gitu aja tanpa kejelasan bakal diterima jadi jurnalis olahraga apa kaga? Gue jadi termotivasi untuk jalan terus sambil nyari celah lain biar gue bisa pindah ke channel bulu tangkis, hehe. Selain dia juga, semua yang akhirnya jadi jurnalis oke butuh waktu yang gak sebentar. Apa salahnya gue bertahan dulu sekarang? Toh gue masih muda dan emang masanya gue menumpuk pengalaman. Hoho.

Awalnya, gue suka agak bete karena gue gak suka di Polda. Gue gak terlalu suka berhubungan dengan polisi yang kalo mau ketemu perlu prosedur khusus. Kalo mau wawancara juga kadang susah. Tapi, setelah satu bulan. Gue rasa, gak seberat itu kok ngeliput disana. Banyak hal-hal menyenangkan juga yang bikin gue betah. Beberapa temen (yang rata-rata sama-sama baru di Polda) ngebantu gue banget buat beradaptasi :) Disini juga pergantian wartawan dari tiap media cukup tinggi. Jadi, baru kenal berapa hari, eh orangnya dipindah entah kemana. Jadi gue juga gak ngerasa baru-baru amat karena toh selalu ada yang lebih baru lagi dari gue, ahaha :D Yang lebih awam dari gue juga ada, jadi gue bisa lebih tenang. Istilahnya, gue gak ngerasa awkward lagi karena bego sendirian, hehehe. Bego bareng-bareng itu seru. LOL

Temen yang lebih awam dari gue itu ternyata emang terpaksa jadi wartawan karena dia diterimanya ya jadi wartawan, padahal dia dari jurusan IT. Ahahaha, kesian amat *dicakar*

Ada lagi yang sama-sama baru jadi wartawan juga, tapi seenggaknya dia lebih pinter dan keliatan lebih elegan dari gue. Iyalah, medianya pake English, bok. Mana dia juga sempet dapet beasiswa untuk belajar tentang jurnalisme di Amerika. Ih, ngiri gue. Nah, dia ini yang nyaranin ke gue supaya kalo gue beneran kuliah lagi di Belanda, ngambilnya jurusan jurnalisme aja. Dia bilang, emang menarik sih belajar linguistik, tapi enggak terlalu berguna untuk kerjaan karena paling apa sih jadinya? Ahli bahasa? Yang banyak ya jadi dosen. Bener juga. Sedangkan gue paling ogah disuruh ngajar di depan banyak orang. Kalo pengen belajar bahasa, di jalur yang sekarang pun gue bakal tetep belajar banyak bahasa nantinya. Karena salah satu tingkat kemampuan wartawan yang oke ya bisa banyak bahasa, hehehe.

Udah gitu, setelah gue pikir-pikir lagi. Wartawan itu gak ada yang bego. Semuanya pinter. Karena tiap hari baca koran. Ahahaha. Inget kan tuh kuis The millionare yang pesertanya tukang koran? Pengetahuan umumnya super sekali karena tiap hari bacain koran yang dia jual. Semakin banyak bidang yang dikuasai, semakin bagus. Walaupun tadinya sama sekali buta soal satu bidang, seorang wartawan mau gak mau harus belajar bidang itu dulu sebelum ngambil berita tentang itu. Kalo enggak? Ya siap-siap aje kena omel editor karena gak paham berita yang ditulis.

Banyak keuntungan yang didapet kalo jadi wartawan. Enggak enaknya? Ya banyak juga. Gue misalnya, paling gak suka nelpon dan ditelpon. Tapi sekarang mau gak mau gue harus ngelakuin itu demi dapet berita dari narasumber. Cara berhubungan sama orang lain juga, karena nara sumber itu macem-macem karakternya. Dari muda sampe tua, dari yang jawab pertanyaannya terperinci sampe yang cuma seiprit, dari yang ngomongnya jelas sampe yang muter-muter. Eh, seriusan kemaren dapet pengalaman wawancara yang kata temen gue kayaknya itu nara sumber kena Schizophrenia alias penyakit yang bikin dia gak bisa berpikir sistimatis dan kadang-kadang berhalusinasi. Beberapa wartawan wawancarain dia soal kejahatan santet yang dia terima dan hasilnya, semua balik ke balai wartawan dengan otak kusut karena pusing. Omongannya lompat-lompat dan susah banget ditangkep maksudnya apa. Akhirnya gak ada yang nulis berita tentang itu, ahahahaha

Soal cara dapetin berita, gue banyak belajar sama temen-temen di sekitar. Soal penulisan juga udah lumayan (menurut gue sih). Tapi ada dua hal yang bahkan menurut gue aja parah banget. Gue bego banget nentuin judul berita. Dari semua berita yang pernah gue tulis, paling cuma 5-10% yang judulnya sama sekali gak diganti sama editor. Sisanya? Wuih.... diedit semua. Gue sendiri emang mengakui kalo gue bermasalah banget nentuin judul. Jarang banget 'klik'nya gitu. Kalo lagi 'klik', judul gue selalu nampang tanpa editan. Sayang..... emang masih jarang bisa 'klik'. Satu lagi masalah yang gue harus atasi adalah, kadang gue kepo banget, tapi gue juga sering ga mau tau dan gak peduli. Sedangkan seorang jurnalis dituntut untuk selalu skeptis, dengan kata lain, KEPO SETIAP SAAT. Kalo lo adalah tukang gosip yang selalu kepo soal masalah orang lain, lo punya potensi jadi wartawan entertaintment. Gue jamin. Sedangkan gue.....gue sering luput mendalami detil suatu kasus karena gue gak peduli. Makanya kadang data dari berita yang gue buat itu gak hhhhh..... (Alah, apa sih itu bahasanya?)

Tadi gue sempet kena omel abis-abisan sama editor dan dikasih tau beberapa kesalahan gue di satu berita. Gue kincep karena gue tau editor gue bener. Ini rasanya kayak dicecer sama dosen pembimbing waktu sidang skripsi. Emang sih ada satu kesalahan yang aslinya bukan gue yang salah, tapi karena miss communication aja. Tapi tetep aja karena yang lainnya MURNI kesalahan gue. Gue bukan orang yang bakal cari-cari alasan kalo gue salah. Jadi semua omelan tadi gue terima. Tadi baru omelan lewat telepon. Besok? Gue bakal ketemu editor gue langsung. Ahahaha *ketawa kering* Gue udah siap-siap mental kok dari sekarang.  

Gue sadar kalo dasar gue emang bukan jurnalistik. Gue pindah jalur dari sebelumnya, dan gue harus mau banyak belajar di bidang yang gue jalanin sekarang. Kalo masalah-masalah begini aja gak bisa gue atasin, gimana gue bisa maju menuju impian jadi jurnalis tepok bulu, coba? Tenang aja Na, ini gak sebanding sama penderitaan waktu PPL dan harus ngajar di depan puluhan anak SMA yang super tengil.

[Banner Blog Sebelah] Dari kiri, Simon Santoso (INA), Viktor Axelsen (DEN), Wang Zhengming (CHN), Takuma Ueda (JPN), Songphon Anugritayawon (THA)
Semoga, orang-orang diatas mau menunggu gue sampe bisa wawancarain mereka nanti. Semuanya pemain muda kecuali koko Simon sama akang Songphon sih, huehuehuehuehuehuehuehuehue

5 komentar:

  1. nananananaa.....

    gw boleh ikutan komentar + semangatin ngga (buahelaaa berasa motipator)

    ngga papa lagi na... dijalanin dulu, sebenernya itu jadi acuan loe buat kedepannya.. itu jadi link nanti kalau loe mau ngapain2, bikin buku sekalian.. bahkan kalau mau sampe buat bisnis...ciyus

    eh itu ngomong2 tiap hari di polda..yang ganteng ngga ada yang nyantol na, kali aja jodoh #eh (salah fokus)

    jadi gini na... mungkin bisa jadi acuan ya.. gw punya tante.. dahulu kala jadi jurnalis kaya loe gitu..jurnalis lapangan dari bawah nulis berita di koran.. kalau ngga salah di 'Bisnis Indonesia' ,pokoknya itu dari gw kecil gitu...
    seiring berjalannya waktu, sama ketekunan juga kayaknya.. bisa kemana-mana lho na.. beliau salah satu penulis buku 'Ensklopedia JK', sama buku-buku lainnya,
    punya bisnis yang investasor nya pengusaha2 kakap negara ini... trus kenal-kenal gitu deh ama pejabat-pejabat tinggi....
    nah itu semua jalurnya dari Jurnalis/wartawan, (kalau menurut gw keren na hehee) tapi tetep gw rasa itu perlu perjuangan dan waktu...

    jadi kalau emang minat loe di tulis-menulis, diterusin aja.. InshaAllah deh na..bakalan banyak pengalaman menarik yang loe temui, ngga berhenti di wartawan tepok bulu aja..

    semangat ya nanaaa....

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Asyiknya~ Hahahahahaha... *pengen ketawa aja*
    Yah, minimal kau sudah mendekati. Lanjut terus lah.

    BalasHapus
  4. @Rizka : Tengkyuuuuuu~ :D Emang, bener banget kalo jadi wartawan itu koneksinya bakal seluas samudra....ceilaaahh. Yah secara hubungannya banyak sama orang-orang penting semua :p Emang sih seperti yang gue bilang, gak gampang emang. Tapi gue mau coba bertahan. Meskipun yaah.... sambil cari-cari bidang lain yang gue minat. Soalnya emang gue kaga minat sama sekali sama dunia politik & kriminal...

    BalasHapus
  5. @Ruru : Hehehe, lo juga udah ngerasain kan gimana waktu gue bawa keliling seharian itu. Ahahaha XD Kali lo tertarik juga kalo dipanggil Halo Jepang. Yah begitulah kerjanya. Nulisnya cukup asik kok.

    BalasHapus