Senin, 14 Desember 2015

30-Day Book Challenge - A book that make you happy


Pertama kali iseng baca buku ini di salah satu toko buku (iyes, numpang baca gratisan). Dan ternyata biarpun ini buku psikologi, bahasanya ringan dan contoh-contoh kasusnya lucu-lucu banget :) Akhirnya begitu balik lagi ke toko buku, langsung memutuskan untuk beli deh.

Setelah dibaca, ada satu hal yang bikin gue seneng banget. Lebih seneng ketimbang baca buku-buku yang lain.

AKHIRNYA GUE TAU ALASAN ILMIAH KENAPA GUE BUTA ARAH DAN GAK BISA BACA PETA!!

*tebar kembang*

Semacam nyari pembelaan sih, emang. Tapi alasan ilmiahnya masuk akal kok. Apalagi berdasarkan penelitian dan berbagai macam survei.

Secara singkat, kemampuan pemetaan dan membedakan arah bagi perempuan memang tidak setinggi laki-laki. Berbeda dari laki-laki yang cenderung memakai otak kiri atau kanannya saja, perempuan terbiasa memakai kedua belah otak dalam waktu yang bersamaan. Rata-rata perempuan mampu menggunakan kedua tangannya untuk mengerjakan berbagai macam kegiatan di waktu yang bersamaan, sehingga mereka sulit membedakan arah kanan dan kiri. Namun tidak demikian halnya bagi sebagian besar laki-laki.

Ini kenapa bahasanya jadi ilmiah banget? #gampangterpengaruh

Ini juga jadi jawaban kenapa di keluarga gue cuma gue doang yang nyasar pas main "Age of Empire". Sehingga akhirnya gue memutuskan untuk cuma main game 2D yang arah geraknya cuma kanan-kiri-atas-bawah (semacam gunbound dkk gitu deh). Sementara tiga saudara laki-laki gue yang lain mainnya segala macam game yang petanya aja bikin gue pusing (dota, war craft ato apalah itu).

Dulu... gue belum sadar kalo gue buta arah. Gue pernah beberapa kali meyakinkan temen-temen gue saat mereka nggak tau jalan.

"BENER, JALANNYA KE SINI. GUE YAKIN KOK. TRUST ME!"

Berhubung gue jago meyakinkan orang, kebanyakan dari temen gue pun akhirnya percaya. Tapi ujung-ujungnya emang lebih sering salah jalan ketimbang benernya.

Tapi karna gue orangnya pelupa, masalah gue salah jalan pun gue anggap sepele dan pada akhirnya gue melakukan kesalahan yang sama. Buat yang sampai detik ini masih percaya gue tau jalan, tolong hilangkan itu dari otak kalian. Gue.... gatau.... jalan.... Kecuali dari gang depan rumah ke rumah. Gue bahkan nggak bisa ngebayangin kenapa dari kalibata tau-tau bisa nembus ke dewi sartika dan sampe PGC.

Nah, selain alasan yang gue sebut di atas, ada lagi alasan lain yang bikin gue seneng baca buku ini. Buku ini bisa membedah karakter dasar laki-laki dan perempuan in a hilarious way. Buat yang pengin tau pemikiran cowok sebenernya kayak gimana, buku ini jauh lebih membantu daripada majalah gadis dan semacamnya.

Berkat buku ini juga, gue bisa menggambarkan karakter cowok dalam cerita-cerita gue supaya terlihat lebih real.





3 komentar:

  1. Nggak baik itu Na, cari-cari bukti kepustakaan buat pembelaan diri...


    Bhahahahahak


    Gue bisa kok baca peta, tapi gue nggak pernah apal jalan (yang memiliki tata kota yang sama)...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iiih ketawanya ngikutin :p


      Kak Na, tengkyuh. Akuh list nih bukune. Hohow

      Hapus
    2. @zu: hasil penelitian membuktikan seperti itu. Gue bisa apa? :p

      @dini: ngintip rekomen buku mulu nih Dini... gantian rekomen buku dong sesekali

      Hapus