Jumat, 10 Maret 2017

[Review Film] Aozora Yell (Yell for the Blue Sky)


Kalo disuruh ngasih rate untuk film ini, gue kasih 10/10 :DD

Bagus banget. Dan gue nonton ini di saat yang tepat. Selesai ujian TOEFL, mendadak malas karena ujian udah lewat, nonton ini jadi semangat lagi.

Sejujurnya gue nggak sengaja nemu ini film pas nyari streaming 'Rick and Morty' hasil rekomen dari adek gue (iyes, selera humor gue dan semua saudara laki-laki gue sama. Sama-sama aneh). Tapi abis itu malah muter-muter webnya karena koleksinya lumayan juga. Dan nemulah film ini. Gue sempet shock juga karena aslinya gue pernah baca mangascannya. Dan gue pikir nggak bakal sampe dibuat film karena gaung manga-nya juga nggak pernah kedengeran. Bahkan gue kira cuma gue doang yang baca itu manga karena iseng.

Versi manga-nya. Judulnya Aozora Yell (baca: Aozora eeru). Iye jauh... emang gitu dari sononye....

Akhirnya gue unduh juga karena emang manga-nya gue suka banget. Meskipun bacanya juga belum beres karena capek nungguin update-an. Dulu kayaknya udah baca sampe volume 10-an. Dan sekarang udah tamat sampe volume 19 kalo nggak salah. Nanti gue baca lagi.

Inti cerita ini sebenernya sederhana banget. Cuma dua orang yang berjanji bakal ke koshien bareng. Yap, Koshien. Tujuan yang sangat klise untuk seorang atlet. Tapi tetep aja seru. Dari dulu gue emang suka manga tema olahraga, sih. Hampir semuanya suka.

Lalu, ini bukan dua cowok yang janjian bakal ke koshien bareng, tapi cowok-cewek. Nah lo? Gimana tuh? Si cowok yang bernama Daisuke Yamada sih jelas pengin jadi atlet baseball dan main di Koshien. Tapi si cewek, Tsubasa Ono, terpikat sama marching band yang mendukung tim baseball SMA mereka, sehingga memutuskan untuk gabung bareng klub marching band dan megang trompet.

Mereka berdua janji buat saling dukung untuk bisa sampai ke Koshien, karena latihan di masing-masing klub berat banget. Kebetulan, dua-duanya bukan orang yang punya bakat di bidang masing-masing. Mereka punya kelebihan karena sama-sama pantang menyerah. Tambah lagi, kalau ada satu yang lagi down, pasti yang satunya langsung nyemangatin. Otomatis mereka berdua jadi orang yang dapet kemampuan dari latihan yang nggak berhenti-berhenti.

Masalahnya, kalau akhirnya mereka dapet hambatan untuk mencapai mimpi dari hal yang nggak terduga, gimana?

Nggak asyik banget kalo gue cerita konflik utamanya. Yang jelas, gue suka banget cara mereka mendukung satu sama lain. Fluff abis, tapi nggak cheesy. Dan daripada dibilang cerita romance, mungkin lebih kuat ke arah friendship kali, ya. Walaupun ujungnya tetap seperti yang diharapkan penonton, sih. Haha.

Kalo baca manganya mungkin penggemar cerita romance bakal kesel setengah mati karena nggak ada apa-apa ampe belasan volume. Tapi gue sih asik-asik aja bacanya karena mereka unyuuu.... Dua-duanya tipe yang malu-malu. Jadi wajar aja alurnya selambat keong. Gue justru menikmati perjuangan mereka di klub masing-masing dan bagaimana mereka mengatasi masalah bareng-bareng.

Jarang-jarang nge-ship pairing yang dua-duanya tokoh utama. Tapi mereka jelas pengecualian. Hoho

Filmnya berhasil membuat alur manga-nya yang super selow jadi agak cepet. Walaupun mungkin untuk sebagian orang itu tetep aja selow. Tapi orang Indonesia pan demen yang selow selow, jadi nggak masalah dongs.

Ini tipikal cerita sederhana dengan alur maju biasa dan karakter yang sebenernya biasa-biasa aja. Endingnya pun nggak sulit ditebak karena bisa dibilang klise, lah. Tapi yang jelas gue menikmati banget nonton film ini. Istilahnya 'slice of life' banget. Yah, tipikal cerita-cerita novel Jepang, lah. Cuma lebih rapi karena awal, tengah, konflik, dan endingnya jelas. Nggak bikin keki kayak novel Jepang kebanyakan yang nggak punya awal dan ending.

Udah gitu aktor sama aktris utamanya juga sepertinya dipilih yang tampangnya biasa-biasa aja #plaak

Karena dari komiknya juga nggak ada konflik macam shojo manga kebanyakan yang menggambarkan cowoknya super ganteng dan idola sekolah. Atau ceweknya yang imut-imut gemana getoh. Ini bener-bener biasa. Jadi bikin orang fokus sama ceritanya aja dibanding ngeliatin pemainnya.

Sebelah kiri itu Daisuke - Tsubasa, sebelah kanan Kido - Himari. Daisukenya itu mirip banget sama Ryu-nya Kimi ni Todoke xDD Botak! Eh... cepak! Udah gitu sama-sama pemain baseball pula

Yang bikin gue bahagia banget pas ending sih, karena tiba-tiba lagu yang mengalun itu lagunya GReeeeN - Kiseki. Buseeett, udah berapa taon gue nggak denger itu lagu? Kangeeennn.... Dah gitu liriknya PAS BANGET! Kalo mau disambungin, PV-nya juga PAS BANGET!

Udahlah, rate-nya 10/10 ini mah....
Gue sampe banjir airmata nontonnya....

Walaupun, kayaknya rate segitu tuh subjektif banget. Wakakakaka. Gue nggak terlalu merekomendasikan film ini buat orang lain, sih. Karena sebenernya gue tau, di mata kebanyakan orang film ini bisa jadi sama sekali nggak seru. Gue doang yang lebai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar